Belajar HTTP




Pengertian HTTP
HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah suatu protokol yang digunakan untuk mentransfer dokumen dalam WWW (World Wide Web). HTTP adalah sebuah protocol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk system informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hypermedia. HTTP mendefinisikan bagaimana suatu pesan dapat diformat dan dikirimkan dari client ke server atau sebaliknya. HTTP mengatur aksi apa saja yang harus dilakukan oleh web server dan web browser sebagai respon atas perintah-perintah yang ada pada protokol HTTP ini.

HTTP dapat diartikan sebagai pesan yang berbentuk format dan dapat dikirim melalui sebuah server ke Client. HTTP juga berfungsi sebagai alat yang mengatur bentuk dan aksi apapun yang dilakukan oleh Web Server juga Web Browser untuk direspon atas perintah yang ada pada Protokol HTTP.

Sejarah HTTP
HTTP berdiri dan dikenal pada tahun 1990. HTTP dibuat bertujuan untuk penunjang dari penggunaan WWW dengan protokolnya HTTP. Saat itu versi yang digunakan masih menggunakan versi standar yaitu V 0.9. Versi ini merupakan sebuah Protokol Transfer dokumen secara mentah (data yang dikirim berbentuk asli tanpa mengkonvert tipe dokumen yang dikirim).
Seiring permintaan dan kebutuhan dari penggunaan HTTP ini, maka pada tahun 1996 terjadi modifikasi HTTP yang berubah wujud menjadi versi 1.0, ini bertujuan untuk mengakomodasi tipe dokumen yang akan dikirim bersamaan dengan enkoding (kode) yang digunakan dalam pengiriman data dokumen tersebut. Kemudian pada tahun 1999, HTTP semakin baik dan sistematis dengan dilengkapi basic Proxy, Cache dan koneksi Parsisten.

Cara Kerja HTTP
Apabila klik link hypertext atau menegetik URL pada internet browser, maka anda sedang mentransfer URL ke browser, dan dari URL ini browser mengetahui server mana yang akan dihubungi dan file apa yang diminta, kemudian browser akan mengirim perintah HTP ke web server. Web server akan menerima perintah dan melakukan aktivitas sesuai dengan perintah yang diminta oleh browser. Hasilnya akan dikirimkan kembali ke browser untuk ditampilkan.

Proses Transaksi Data HTTP
     1.    Klien terhubung ke host
     2.    Server menerima koneksi
     3.    Klien permintaan file
     4.    Server mengirimkan respon

Fungsi HTTP
Menetapkan bagaimana pesan atau data yang ada diformat dan ditrasmisikan menjadi bentuk yang bisa merespon browser untuk memunculkan data-data tersebut.

Referensi:
Haryanto, Edy Victor. 2012. Jaringan Komputer. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.
Septian, Randy.” Pengertian HTTP, Sejarah HTTP dan Cara Kerja HTTP”.  13 Maret 2016. http://www.randyseptian.web.id/pengertian-dan-cara-kerja-http.htm.
Lubis, Ibrahim.”Pengertian HTTP Atau Hypertext Transfer Protocol”. 15 Maret 2016. http://www.terwujud.com/2014/01/pengertian-http-atau-hypertext-transfer.html.
Hidayat, Rahmad Nur.“Pengertian HTTP dan Fungsi HTTP (Hypertext Transfer Protocol)”. 15 Maret 2016. http://www.kitapunya.net/2015/12/pengertian-fungsi-http.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Video Softskill : Quantum Computation

Unsur-Unsur Game Theory

Fitur-Fitur Unity