Analisa Website Universitas Mercu Buana


Post sebelumnya membahas mengenai website dari Universitas Mercu Buana dari segi profil sampai penilaian dari website universitas tersebut, sekarang saatnya untuk menganalisa website tersebut dengan menggunakan tool Alexa dan Built With.

ALEXA
Alexa adalah sebuah anak perusahaan Amazon.com yang menyediakan layanan data komersial terkait traffik web. Data-data traffik website yang menjadi layanan utama dari Alexa tersebut nantinya akan berfungsi untuk memfasilitasi penggunanya (blogger) guna mengetahui informasi tentang rangking/ peringkat suatu situs, yang didasarkan pada jumlah trafik atau pengunjung yang masuk ke situs. Peringkat traffik Alexa Internet sendiri didasarkan pada traffic agregat historis selama tiga bulan dari jutaan pengguna Alexa toolbar dan merupakan gabungan page views dan reach.

Traffic Rank
Traffick rank akan menampilkan peringkat dari website tersebut, terdapat 2 penilaian yaitu secara global dan dari website negara tersebut yaitu Indonesia.

Diatas terdapat grafik dan hasil dari ranking website universitas mercu buana. Kita dapat melihat hasil ranking dari website tersebut secara global di peringkat 40.828 yang terjadi penurunan sebanyak 3.330, dan peringkat di Indonesia terdapat di urutan 722.


Audience Geography
Audience Geography akan menampilkan sumber user yang mengunjungi web ini.


Gambar diatas adalah hasil audien yang mengunjungi website tersebut yaitu dari Indonesia dengan persentase 92.2% dan diperingkat 722, dan dari India dengan persentase 3.2% dan diperingkat 89.631.


Gambar diatas menampilkan hasil keterlibatan pengunjung di website mercu buana, terdapat bounce rate, daily pageviews per visitor dan daily time on site. Persentase bounce rate 21.50% yang berarti kinerja dari website cukup buruk meningkat sampai 22.00%, Mengalami penurunan pada daily time on site sampai 2.00% dan peningkatan sampai 8.00% pada daily pageviews per visitor.

Search Traffic & Top Keyword
Search traffic akan menampilkan hasil persentase dari pengunjung website melalui search engine (google, yahoo, msn, dll). Top keyword akan menampilkan hasil persentase dari kata kunci yang dimasukkan di search engine.




Dari gambar diatas kita dapat mengetahui hasil dari search traffic adalah 15.90% mengalami penurunan hingga 17.00% dan top keyword yang sering digunakan adalah sso mercubuana dengan persentasenya adalah 16.22%.

Upstream Sites
Upstream sites akan menampilkan situs mana yang orang segera kunjungi sebelumsitus universitas mercu buana, gambar dibawah ini merupakan hasilnya yang dimana paling banyak menggunakan google.co.id sebesar 21.1%.


Sites Link
Sites link adalah taut situs yang merupakan kumpulan link atau situs dibawah homepage yang berada di mercubuana.ac.id. Dibawah kita dapat melihat bahwa total sites link nya adalah 4.828 dan terdapat 5 tautan situs yaitu fc2.com, adobe.com, secureserver.net, livedoor.jp dan goo.ne.jp.


Related Links & Categories with Related Sites
Disini akan menampilkan tautan yang berhubungan dengan mercubuana.ac.id dan kategori dengan situs terkait.


Subdomain
Subdomain adalah bagian dari domain. Pengunjung paling banyak mengunjungi website mercubuana.ac.id dengan menggunakan subdomain sso.mercubuana.ac.id sebesar 33.89%, dan paling rendah menggunakan subdomain kk.mercubuana.ac.id sebesar 12.67%.

Audience Demographics
Audience demographic menampilkan hasil demographic dari website mercubuana.ac.id. Siapa saja yang mengunjugi website tersebut. 






Terdapat 3 bagian penilaian yaitu berdasarkan:

  • Gender
  • Education
  • Browsing location
Berdasarkan gender kita dapat mengetahui bahwa lebih sering mengunjungi website universitas mercu buana adalah laki-laki, sedangkan perempuan lebih sedikit. Berdasarkan education,, kita dapat mengetahui bahwa rata-rata yang paling banyak mengunjungi web ini adalah perguruan tinggi. Berdasarkan browsing location, rata-rata yang paling sering user berada di tempat kerja.


BuiltWith


BuiltWith adalah sebuah tool untuk mendeteksi terdiri apa saja suatu website itu. Cukup memasukkan alamat website atau domain di bagian mesin pencari dan klik Lookup. Berikut kita akan mencoba dengan domain mercubuana.ac.id.



 Web Server


Web server yang digunakan  domain mercubuana.ac.id adalah nginx.

Email Services


Website universitas mercu buana menggunakan email services:

  • Google App for Business, digunakan sebagai web-based email, kalender dan dokumen dari domain mercubuana.ac.id
  • Sendgrid, berupa email infrastruktur berbasis cloud yang menyediakan bisnis dengan manajemen pengiriman email
  • SPF, kerangka kerja kebijakan pengiriman adalah standar terbuka yang menentukan metode teknis untuk mencegah pengirim pemalsuan alamat.
Hosting Providers



Penyedia hosting server atau domain universitas mercu buana disediakan oleh CloudFlare Hosting yang melayani hosting yang supercharged dan menyediakan kemanan tambahan.

Nameserver Providers


Penyedia nama server yang digunakan universitas mercu buana adalah CloudFlare DNS, layanan DNS yang disediakan oleh CloudFlare.

Frameworks


Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP, dan Flash digunakan untuk memperindah tampilan dari websitenya.

Analytics and Tracking


Universitas mercu buana menggunakan Histats untuk memonitoring websitenya.

JavaScript Libraries


Pustaka Javascript yang digunakan oleh universitas mercu buana adalah:

  • jQuery, digunakan Javascript untuk menyederhanakan perintah-perintah umum, menangani event, untuk animasi dan menambahkan AJAX interaksi ke website.
  • jQuery prettyPhoto, untuk memberikan efek pada video dan gambar.
  • Twitter Platform, website terhubung dengan twitter.
  • html5shiv, menerapkan HTML5 pada websitenya.
  • jQuery Mousewheel, untuk pembuatan navigasi di gambar gallery.

Widgets

Universitas mercu buana menggunakan beberapa widget untuk mempeindah tampilan websitenya seperti: 
  • Font Awesome, untuk memperindah huruf dan CSS toolkit
  • Facebook Like Box, terintegrasi dengan fan page facebook untuk memberikan like
  • Google Font API, membantu untuk menambakan fitur foont untuk website dan halaman website
  • EmailMeForm, untuk online forms untuk websitenya.

Content Delivery Network


Konten pengiriman jaringan yang digunakan oleh website universitas mercuana adalah twitter, AJAX libraries API, akamai, facebook dan cloudflare.

Mobile


Universitas mercu buana menggunakan viewport meta untuk membuat tampilan website yang sesuai dengan versi mobile.

Aggregation Functionality


Agregasi fungsi websitenya menggunakan Atom dan RSS.

Server Information


Universitas mercu buana menggunakan server linux ubuntu mengenai informasi yang ada di websitenya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Video Softskill : Quantum Computation

Unsur-Unsur Game Theory

Fitur-Fitur Unity