Konfigurasi FTP Server Pada Sistem Operasi Linux Ubuntu


Pengertian FTP (File Transfer Protocol)
FTP merupakan protokol internet yang digunakan untuk melakukan pengiriman data dalam jaringan komputer, seperti upload dan download file yang di lakukan oleh FTP client dan FTP server.

Pengertian FTP Server
FTP server merupakan server yang bertugas memberikan layanan pengiriman/tukar menukar data kepada FTP client dengan syarat FTP client harus meminta (request) terlebih dahulu kepada FTP server. Sebuah FTP server dapat bekerja dengan koneksi aktif maupun pasif. Pada koneksi aktif, jika klien membuka sebuah port, maka server secara otomatis terkoneksi dengan aktif. Jika Anda terhubung dengan FTP server secara aktif, maka Anda perlu mengatur firewall untuk menerima koneksi ke sebuah port yang akan dibuka oleh FTP client. FTP server aktif biasanya menggunakan 20 port sebagai port datanya.


Konfigurasi FTP Server
Hal pertama yang dilakukan adalah membuka terminal dan mengetikkan perintah berikut pada terminal.
>>  vi /etc/network/interfaces 

Perintah untuk masuk vi editor

Setelah itu akan muncul tampilan vi text editor. Di dalam editor tersebut terdapat perintah untuk konfigurasi IP Address, pada skrip address kita ubah alamatnya menjadi 192.168.1.10.

Setting IP

Untuk melakukan konfigurasi server, dibutuhkan aplikasi proftpd. Install terlebih dahulu aplikasi tersebut melalui terminal, kemudian ketik perintah berikut.
>> apt-get install proftpd 

Untuk menginstall ProFTPD

Setelah menginstall aplikasi proftpd, akan muncul tampilan ProFTPD configuration, kemudian pilih standalone.

Tampilan ProFTPD configuration

Untuk mengedit file proftpd, lakukan dengan cara ketik perintah seperti berikut.
>> vi /etc/proftpd/proftpd.conf 

Untuk mengedit file proftpd

Disable IPv6 dengan diganti menjadik off. Kemudian ubah nama server sesuai yang diinginkan, misal: cynthia. Dan hapus tanda komentar pada “DefaultRoot” untuk menentukan direktori root untuk chroot.

Isian file proftpd.conf

Setelah konfigurasi pada vi editor yang sebelumnya sudah tersimpan, ketik perintah dibawah ini pada konsol untuk melakukan restart system agar menggunakan konfigurasi FTP yang telah dibuat.
>> systemctl restart proftpd

Untuk merestart system

Pada tahap pengecekkan, saya menggunakan client dengan menggunakan sistem operasi Windows XP melalui virtual box juga. Pastikan Network setting pada virtual box untuk Windows XP ini attached pada Internal Network. Kemudian atur IP address seperti gambar dibawah ini.

Set IP untuk client

Setelah mengatur IP address, lakukan pengecekkan di browser dengan memasukkan IP server yang telah dibuat. Pada saat mengakses ip tersebut, maka akan melakukan autentikasi dengan input user name dan password dari ip tersebut

Pengecekkan dengan memasukkan ip address server

Jika berhasil, maka akan menampilkan tampilan sebagai berikut.

Tampilan dari ip 192.168.1.10




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Video Softskill : Quantum Computation

Unsur-Unsur Game Theory

Fitur-Fitur Unity