Konfigurasi Proxy di Ubuntu 14.04








Pengertian Proxy
Proxy Server adalah server yang diletakkan antara suatu aplikasi client dan aplikasi server yang dihubungi. Aplikasi client berupa web browser, client FTP dan sebagainya. Sedangkan aplikasi server berupa server web, server FTP dan sebagainya. 
Proxy server berfungsi untuk menyimpan halaman-halaman website yang pernah dikunjungi. Fungsinya adalah sebagai cache yang sewaktu-waktu apabila kita ingin mengunjungi halaman yang sama maka akan diambilkan dari Proxy tersebut terlebih dahulu, dan bila belum ada maka akan diteruskan ke server sebenarnya. Selain itu, dapat digunakan untuk keamanan, misalnya memblokir akses ke suatu website dan sebagainya.

Kelebihan Proxy Server:
  • Keamanan jaringan lebih terjaga, karena adanya proxy sebagai pembatas antara jaringan lokal dan jaringan luar (internet)
  • Pengaksesan kembali terhadap situs-situs yang telah diakses sebelumnya menjadi lebih cepat, karena pengaksesan tidak perlu ke jaringan luar (internet) melainkan ada pada direktori cache proxy.
  • Terdapat fasilitas filtering, baik filtering pengguna, content dan waktu akses.
Kekurangan Proxy Server:
  • Pengaksesan terhadap situs yang belum pernah dibuka sebelumnya akan menjadi lebih lambat, karena client harus meminta terlebih dahulu ke pada proxy, setelah itu baru proxy yang akan meminta request dari client tersebut ke pada penyedia layanan internet.
  • Bila proxy server terlambat melakukan update cache, maka client akan mendapatkan content yang belum update ketika melakukan request content tersebut.

Instalasi
Untuk melakukan konfigurasi proxy, sebelumnya kita harus install terlebih dahulu paket untuk proxy server yaitu squid3.

Instalasi paket squid3





Konfigurasi
Langkah-langkah untuk melakukan konfigurasi proxy sebagai berikut:

1. Edit /etc/squid3/squid.conf dengan cara memasukkan command seperti di bawah ini.

Command edit squid.conf




2. Kemudian ubah script http_access deny all menjadi http-access allow all

Mengubah access deny menjadi allow




3. Restart service squid3 dengan cara mengetikkan perintah berikut.

Restart Service Squid3





Pengujian
Untuk melakukan tahap pengujian, sebelumnya konfigurasi browser client agar menggunakan alamat IP proxy server. Contoh dengan menggunakan browser mozilla firefox:




Setelah setting pada browser mozilla firefox, coba mengakses http://www.google.com dan http://www.facebook.com. Yang terjadi seperti dibawah ini

akses http://www.google.com

akses http://www.facebook.com


Referensi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Video Softskill : Quantum Computation

Unsur-Unsur Game Theory

Fitur-Fitur Unity