Pemrograman Jaringan: Analisis Program



Postingan kali ini, saya akan membahas mengenai mata kuliah Pemrograman Jaringan yaitu tentang program jaringan sederhana dengan menggunakan bahasa Java. Berikut script program beserta penjelasannya.

  TUGAS 1  
getIP.java


Penjelasan:
Program di atas digunakan untuk menampilkan alamat IP address dari PC yang sedang aktif. Program ini meng-import library java.net dan program memiliki class "getIP". Pada program ini juga membuat sebuah object yang diberi nama host dari class InetAddress yang nilainya harus ada, dari object yang telah dibuat nanti akan memanggil getLocalHost untuk mendapatkan alamat localhost PC tersebut dan akan mendeklarasikan array IP dengan tipe data byte untuk menyimpan IP address yang didapatkan dengan menggunakan syntax getAddress. Dan terdapat perulangan untuk mencetak dan menampilkan isi dari array tersebut.

Output:



  TUGAS 2  
getName.java


Penjelasan:
Program di atas digunakan untuk mengetahui host name komputer yang sedang aktif. Pada program ini diawali dengan meng-import library java.net.* dan nama class-nya adalah "getName". Kemudian terdapat object host yang dimana akan memanggil fungsi getLocalHost, getLocalHost ini digunakan untuk mendapatkan alamat dari localhost dan selanjutkan akan mencetak host name komuter dengan menggunakan fungsi getHostName.

Output:



  TUGAS 3  
IPtoName.java


Penjelasan:
Script program di atas digunakan untuk mendapatkan nama komputer disaat IP address-nya telah diketahui. Program ini diawali dengan meng-import java.net.* dan nama class-nya adalah IPtoName. Pada program ini terdapat percabangan untuk mengecek panjang array, jika panjang array = 0 maka program akan mencetak "Pemakaian: java IPtoName <ip address>".

Kemudian mendeklarasikan variabel host dengan tipe data String yang bernilai args[0] dan variabel address pada object InetAddress bernilai null. Setelah itu akan melakukan perintah try catch yang berfungsi untuk menangani error. Fungsi try dilakukan jika terjadi kesalahan dan akan mencetak "invalid IP - malformed IP". Dan jika tidak ada kesalahan maka akan mencetak host name komputer.

Output:



  TUGAS 4  
NsLookup.java


Penjelasan:
Script program di atas digunakan untuk mencetak IP address komputer disaat host name telah diketahui. Script ini di awali dengan meng-import java.net.* dan nama class-nya adalah NsLookup. Pada script ini terdapat percabangan dimana parameternya adalah panjang array = 0. Jika panjang array-nya 0 maka program akan mencetak "Pemakaian: java NsLookup <hostname>".

Kemudian mendeklarasikan variabel host bertipe string yang bernila args[0] dan variabel address pada object InetAddress bernilai null. Setelah itu akan melakukan perintah try catch yang berfungsi untuk menangani error. Fungsi try dilakukan jika terjadi kesalahan dan akan mencetak "Unknown host". Dan jika tidak ada kesalahan maka akan IP address komputer tersebut dengan menggunakan perulangan seperti pada getIP.java.

Output:



  TUGAS 5  
simpleServer.java


Penjelasan:
Script program di atas digunakan menyalakan server komputer. Program ini berhubungan dengan program simpleClient.Java. Script ini meng-import java.io.* dan java.net.* dan nama class-nya adalah simpleServer. 

Setelah itu mendeklarasikan variabel TESTPORT bertipe integer yang bernilai 5000 dan nanti program ini akan mencetak "Aplikasi Server hidup ...". Program ini terdapat percabangan untuk menerima input dari client dan kemudian akan mencetak "Terima : ". Jika client meng-input kata "salam" maka server akan mengirimkan "salam juga" dan jika client meng-input selain kata salam makan akan mengirimkan "Maaf, saya tidak mengerti" ke client.

Output:






  TUGAS 6  
simpleClient.java


Penjelasan:
Script program di atas digunakan menghubungkan ke server komputer. Program ini berhubungan dengan program simpleServer.Java. Script ini meng-import java.io.* dan java.net.* dan nama class-nya adalah simpleClient. Untuk menjalankan program ini, terlebih dahulu menjalankan program simpleServer.java.

Setelah itu mendeklarasikan variabel REMOTE_PORT bertipe integer yang bernilai 5000 untuk dapat terhubung dengan server. Pada program ini akan mencetak "Masukkan kata kunci: ", kemudian user diminta untuk melakukan input. Hasil input tersebut akan dikirim server. Kemudian dari server akan mengirimkan lagi ke client dan akan mencetak "Dari server: "

Output:


Komentar

  1. juaragoal portal berita dan prediksi sepak bola paling update.
    jangan mau ketinggalan info tentang pemain atau tim favorit kalian.
    juaragoal menyuguhkan berbagai info paling update dan paling hangat seputar dunia sepak bola.
    prediksi, bursa transfer, hingga profil pemain dapat kalian temukan di situs kami.
    ada banyak video dan bacaan menarik seputar sepak bola untuk kalian para pecinta si bola bundar yang satu ini

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Video Softskill : Quantum Computation

Unsur-Unsur Game Theory

Fitur-Fitur Unity