Pancasila Sebagai Pandangan Hidup

Pancasila sebagai pandangan hidup digunakan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia dari segi sikap maupun perilaku harus dijiwai oleh nilai-nilai pancasila. Nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari menerapkan tata kehidupan yang harmonis diantara masyrakat Indonesia dapat terwujud. Dalam mewujudkannya masyrakat tidak bisa hidup sendiri, mereka harus berhubungan atau bersosialisasi dengan masyarakat lain, dengan begitu setiap masyarakat dapat beradaptasi dengan pandangan hidup kelompok karena pada dasarnya pancasila mengakui adanya kehidupan individu maupun kelompok.
Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa merupakan perwujudan dari nilai-nilai budaya bangsa Indonesia yang digali dari budaya bangsa Indonesia yang sudah ada, tumbuh, dan berkembang. Dan pancasila sebagai pandangan hidup juga mencerminkan jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia.
Masyarakat Indonesia harus bersikap yang dimana pancasila tersebut sebagai pandangan hidupnya dalam bermasyarkat, dapat menjiwai nilai-nilai pancasila, mengamalkan nilai-nilai pancasila, dan bersikap sebagaimana sesuai dengan nilai-nilai pancasila supaya dapat menjalani hubungan yang harmonis antar masyarakat. Nilai-nilai yang tercermin didalam pandangan hidup ditempatkan secara sistematis kedalam seluruh aspek kehidupan.

Dengan pandangan hidup yang jelas, suatu bangsa akan memiliki pegeangan dan pedoman bagaimana masyrakat dapat memecahkan masalah-masalah politik, ekonomi, sosial, dan budaya yang timbul dalam masyarakat yang semakin maju. Dengan berpedoman pada pandangan hidup sebagai ideologi, sebuah bangsa akan membangun diri dan negerinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Video Softskill : Quantum Computation

Unsur-Unsur Game Theory

Fitur-Fitur Unity