Software Blender 3D




Software Blender adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk membuat sebuah animasi 3D dengan menggunakan fitur-fitur yang sudah tersedia didalamnya dan juga merupakan free open source 3D konten. Software ini juga bisa digunakan untuk efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan video game.

Fungsi software blender
·         Fungsi Rotasi
Pada umumnya software 3D itu sama, ada beberapa hal/tolls penting dalam 3D yang umumnya ada di semua software. mengenali software 3D. untuk mengenali software 3D tentu yang pertama kali adalah mengenali tampilan dan tools yang ada dalam software 3D.
·         Fungsi Extrude
Extrude adalah menggandakan objek agar bisa membentuk suatu bentuk yang di inginkan
·         Fungsi Pemotongan Objek
Fungsi dari pemotongan objek ini adalah untuk kita dapat membentuk suatu objek yang kita inginkan,agar lebih rapih dan mudah

Fitur software blender
Header:  Menu utama Blenderyang terdiri atas File, Add, Render, dan Help.
Viewport :  Tampilan yang terdiri dari objek 3D atas objek lainnya.
Toolbar :  Terdiri atas daftar toolsyang memiliki sifat dinamis menurut objeknya.
Outliner :  Struktur data dari objek pada Blender.
Properties: Panel yang memuat berbagai macam perintah untuk me modiļ¬kasi objek atau animasi dan bersifat dinamis mengikuti objek atau toolsyang sedang aktif.
Timeline :  Instruksi yang terkait dengan frame animasi atau untuksequencer.

Screen Layouts. Anda dapat memilih layout animation yang merupakan tampilan untuk mengerjakan animasi dan lain-lain. Tools ini berada pada pojok kiri atas layar, merupakan bagian dari Main Header  yaitu menubar yang ada di bagian atas pada tampilan Blender.
Splitting Windows atau pembagi tampilan lembar kerja pada software Blender, dalam pembuatan simulasi visual 3D sering kali digunakan. Contohnya dalam pemodelan 3D diperlukan lebih dari 1 windows. Splitting windows adalah membagi menjadi 2 windows dalam tipe yang sama dan dapat dilakukan secara horizontal maupun vertical.




Software ini sangat membantu dalam proses pembuatan animasi dan juga dalam membuat model 3D seperti gambar bumi, animasi dota 2, desain rumah, dan lain-lain.  Blender juga dapat digunakan pada beberapa OS seperti Linux, Mac, Windows, dan Free BSD. Software Blender dapat di download di website blender.org, website ini adalah situs website resmi dari blender, di website ini memberikan informasi atau berita terbaru tentang aplikasi blender itu sendiri,

Sumber:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Video Softskill : Quantum Computation

Unsur-Unsur Game Theory

Fitur-Fitur Unity