Kebijakan Web








Artikel kali ini saya akan membahas mengenai kebijakan web, setiap situs web biasanya memiliki kebijakan masing-masing. Saya akan menjelaskannya mulai dari apa arti dari kebijakan itu sendiri? Apa itu pengertian kebijakan sebuah web? dan Apa itu salah satu tujuannya? berikut akan saya jelaskan.

Apa itu kebijakan?
Kebijakan adalah suatu rencana, pernyataan tujuan, kontrak penjaminan, dan pernyataan tertulis oleh siapa pun. Dengan demikian siapapun dapat terkait dalam suatu kebijakan. Kebijakan berbeda dengan peraturan dan hukum. Jika hukum dapat memaksakan atau melarang suatu perilaku (misalnya suatu hukum yang mengharuskan pembayaran pajak penghasilan), kebijakan hanya menjadi pedoman tindakan yang paling mungkin memperoleh hasil yang diinginkan.

Apa itu kebijakan web?
 Kebijakan Web adalah sebuah tindakan atau program yang mempunyai tujuan tertentu, harus di ikuti oleh para pengguna web untuk mencapai suatu tujuan yang sudah di tanamkan pada web tersebut.
Kebijakan web biasanya digunakan untuk mengatur pengguna web untuk mengakses dan menggunakan situs tersebut. Kebijakan web tidak bersifat memaksa, tetapi otomatis untuk para pengguna mengikuti kebijakan web itu jika tetap ingin mengakses web bersangkutan.
Kebijakan web memiliki peranan tersendiri untuk setiap pemilik website. Setiap pemilik website mengatur keamanan dan perlindungan data pada websitenya agar tidak ada pihak lain yang dapat mengambil data-data tersebut. Dengan kebijakan ini pengguna website tersebut tidak bisa melanggar kebijakan yang sudah dibuat didalam website tersebut. Kebijakan seperti ini dapat mengurangi pelanggaran hak cipta atas suatu informasi yang diambil dari suatu web tanpa menuliskan sumbernya.
Kebijakan web membatasi perilaku online dan offline suatu perusahaan karena untuk mengaktifkan tanggung jawab, sesuai pengambilan keputusan disemua tingkat organisasi yang sesuai dengan peraturan yang relevan, praktik terbaik dan yang paling penting yaitu hokum.

Apa salah satu tujuan utama dalam menciptakan kebijakan web?
Tanpa kebijakan yang spesifik, jelas, komprehensif, dan stabil, suatu organisasi adalah lebih rentan terhadap tuntutan hukum, masalah internal dan kesalahpahaman. Dengan kata lain, paparan organisasi untuk risiko meningkat. Dengan demikian, salah satu tujuan utama dalam menciptakan kebijakan web adalah untuk melindungi organisasi Anda dari risiko.

Sumber:
Setiawan, Deris. 2005. Sistem Keamanan Komputer. Cetakan Pertama. Jakarta:PT Elex Media Komputindo
Supradono, Bambang. 2010. Strategi Meningkatkan Kinerja Web Universitas Muhammadiyah Semarang Menuju Peringkat Webometrics.
Zamzam, Allegiance. 2014. Pengertian dan Fungsi Privacy Policy.  http://www.zallegiance.com/2014/11/pengertian-dan-fungsi-privacy-policy.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Video Softskill : Quantum Computation

Unsur-Unsur Game Theory

Fitur-Fitur Unity