Pengantar Teknologi Game Part 1
Teknologi Game
Teknologi adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material
dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Teknologi dibuat
atas dasar ilmu pengetahuan dengan tujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia.
Kata teknologi sering menggambarkan penemuan dan alat yang menggunakan prinsip
dan proses penemuan saintifik yang baru ditemukan.
Kata game bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada
target-target yang ingin dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada
tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan
secara maksimal.
Perkembangan teknologi sangat berpegaruh terhadap perkembangan game.
Pada sekitar awal dekade 80-an, sebenarnya sudah ada persaingan ketat antar
perusahaan game dalam memasarkan produknya. Game yang populer dengan nama video game ini hanya bisa dimainkan oleh satu atau dua orang pemain pada
sebuah console. Pesawat televisi dibutuhkan sebagai media tampilan. Jenis
game-nya juga masih sangat sederhana dengan grafik yang sangat kasar.
Tampilannya mirip seperti game dari bahasa program Java, yang bisa dimainkan di
handphone sekarang ini. Perusahaan game yang terkenal pada saat itu adalah
Atari, Sega dan Nintendo.
Bisnis dalam Game
Komputer
Bisnis dalam game komputer berkembang pesat seiring dengan berkembangnya
teknologi canggih saat ini. Dahulu kita hanya dapat menikmakti permainan game
yang telah disediakan oleh komputer itu sendiri, seperti solitaire, pinball,
dan sebagainya. Namun sekarang sudah tersedia game online, dan game yang dapat didownload baik free maupun
berbayar. Games berbayar juga merupakan bisnis karena sama saja dengan kita
mengeluarkan uang untuk membeli sebuah barang.
Games berbayar ini biasanya memberikan kepuasan tersendiri bagi pembelinya,
karena terdapat fitur yang bagus dan lengkap di dalamnya. Perkembangan lainnya
ialah warung internet atau yang sering kita dengar dengan istilah warnet.
Dengan menyediakan tempat, perangkat komputer yang lengkap, dan fasilitas
pendukung lainnya, membuat gamers betah berlama-lama untuk bermain di warnet.
Game online menjadi semakin marak dan digandrungi, karena fasilitas
online memungkinkan sebuah game dapat dimainkan oleh 100 orang lebih secara
bersama-sama dalam satu waktu.
Contoh untuk bisnis dalam game komputer itu beragam. Seperti kita
dituntut melakukan pembayaran untuk game tersebut. Bedasarkan kategori ini
games online dapat dibedakan menjadi 2 yaitu:
a.
Pay Per Item,
merupakan game yang bisa diinstall atau dimainkan secara gratis, dan game ini biasanya
mengenakan biaya pada pemainnya apabila pemainnya ingin cepat menaikkan level
atau membeli barang (item) langka yang tidak pernah dijumpai pada permainan.
Contoh: Gunbound, Ragnarok, Ghost Online, dan lain sebagainya.
b.
Pay per Play,
game ini harus dibeli dan diinstal secara legal karena pada saat diinstal game
terebut akan mendaftarkan pemain ke internet langsung dan apabila yang diinstal
adalah program bajakan maka secara otomatis system akan memblokirnya. Contoh:
The Division, Fifa, dan lain sebagainya.
3D Engine dan Scene Graph
3D engine adalah sistem
perangkat lunak yang dibuat dan dirancang untuk menciptakan dan mengembangkan
gambar 3D, fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan
mencakup mesin render (renderer) untuk 2D/3D grafis. Contoh aplikasi 3D engine
adalah seperti Unity.
Scene Graph adalah merupakan
inti dari Java3D. Sebuah scene graph merupakan grafik yang merepresentasikan
geometri, material, dan pencahayaan.
Berikut contoh dari 3D engine
dan scene graph:
1. OGRE 3D
Objected-Oriented
Graphics Rendering Engine atau bisa disingkat dengan OGRE merupakan engine yang
object oriented & flexible 3D rendering pada game engine yang ditulis
dengan menggunakan bahasa C++ serta didesain agar mampu men-developer dengan
mudah kepada aplikasi produksi dengan menggunakan utility hardware-accelerated
3D graphic. Gambaran abstraknya OGRE menggunakan sistem library seperti
Direct3D & OpenGL, serta menyediakan sebuah dasar interface di dunia objek
dan class objek yang lebih tinggi.
OGRE
hanya digunakan untuk me-render. Dengan kata lain, fitur OGRE hanya khusus
menangani vector & matOix classes, memory handling, dan lain lain. Ini
bukan lah salah satu dari semua solusi dalam istilah game development/simulasi.
OGRE tidak menyediakan audio/physics support.
2. Processing
Processing
adalah bahasa pemrograman dan lingkungan pemrograman yang bersifat open source
yang digunakan untuk memprogram gambar, animasi, dan interaksi. Processing
digunakan untuk mengajarkan dasar-dasar pemrograman komputer dalam konteks rupa
dan berfungsi sebagai buku sketsa perangkat lunak dan alat produksi
profesional. Processing mengintegrasikan suatu bahasa pemrograman, lingkungan
pemrograman, dan metodologi pengajaran ke dalam sistem terpadu.
Processing
merupakan suatu projek yang dinisiasi oleh Ben fry dan casey reas. Berkembang
dari ide-ide yang dieksplorasi di Aesthetics and Computation Group (ACG) di Mit
Media Lab. Projek ini kini terus diperbaiki dan dikelola oleh sejumlah Tim
Voluntir.
3. Unity 3D
Unity
3D adalah sebuah game developing software. Dengan software ini, kita bisa
membuat game 3D yang seru. Game developer ini sangat mudah digunakan, dengan
GUI yang memudahkan kita untuk membuat derta mengedit script untuk menciptakan
sebuah game 3D. Selain bisa untuk build game PC, Unity juga dapat digunakan
untuk membangun game console seperti Nintendo Wii, PS3, Xbox 360, juga Ipad,
Iphone, dan Android. Namun masing-masing membutuhkan biaya lisensinya sendiri.
Unity kurang lebih sama dengan Blender game engine, namun unity lebih ringan
dan diintegrasi lebih dalam suasana grafik.
Desain Skenario, Script , dan Storyboard Game Komputer
Desain skenario pada sebuah
game sama halnya dengan desain skenario pada sebuah film. Jika pada
sebuah film terdapat sutradara namun pada game terdapat perancang game, mengapa
dibutuhkan sutradara pada sebuah film? Jawabannya adalah karena pada sebuah film
membutuhkan skenario dan adegan yang setiap pemain memiliki ciri khas
masing-masing. Jadi dibutuhkannya perancang game dalam suatu desain game ialah
untuk memberikan ide dalam pembuatan skenario serta adegan yang terdapat di
setiap karakter dalam sebuah game. Selain itu karakter pada sebuah game pasti
memiliki ciri khas yang tidak dimilki oleh karakter lain.Script merupakan suatu
uraian interaksi manusia dengan mesin yang membantu proses desain dan berfokus
pada keperluan user yang berbeda sehingga dapat digunakan untuk aktivitas desain.
Bahasa script merupakan suatu
bahasa pemrograman komputer yang diterjemahkan secara khas dan dapat diketik
secara lansung dari keyboard. Script sendiri dibedakan dari program, mengapa
dari program? Jawabannya adalah karena program dikonversi atau diubah ke dalam
file yang berseifat executable berbasis biner (0 atau 1) sebelum script
tersebut dijalankan. Ketika script dijalankan tidak akan merubah isi didalamnya
dan menterjemahkan setiap instruksi yang dilaksanakan. Script sendiri digunakan
untuk mempersingkat proses pada saat kompilasi sampai pada akhirnya dijalankan.
Game script sendiri berfungsi
untuk mendokumentasikan rules dan core-mechanics pada sebuah game. Fungsinya
adalah untuk membuat suatu aturan yang mendetail pada sebuah game dan agar kita
bisa mengetahui cara memainkan game tersebut.
Storyboard merupakan suatu
sketsa gambar yang disusun secara berurutan yang sesuai dengan naskah yang ada.
Dengan adanya storyboard ini, kita dapat menyampaikan ide cerita kepada orang
lain dengan lebih mudah. Mengapa dikatakan lebih mudah ketika menyampaikan ide
menggunakan storyboard? Jawabannya adalah karena dengan menggunakan suatu
gambar secara berurut orang akan berkhayal dengan mengikuti gambar yang telah
disajikan sedemikian rupa, sehingga menghasilkan persepsi yang sama sesuai
dengan ide cerita yang kita buat.
Artificial Intelligent Pada Game
Kecerdasan buatan atau
Artificial Intelligence adalah salah satu bagian dari ilmu komputer yang
membuat mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti manusia dan komputer
dimungkinkan untuk dapat berfikir. Salah satu unsur yang berperan penting dalam
sebuah game adalah kecerdasan buatan. Dengan kecerdasan buatan, elemen-elemen
dalam game dapat berperilaku sealami mungkin layaknya manusia.
Game AI adalah aplikasi untuk
memodelkan karakter yang terlibat dalam permainan baik sebagai lawan, ataupun
karakter pendukung yang merupakan bagian dari permainan tetapi tidak ikut
bermain (NPC = Non Playable Character). Peranan kecerdasan buatan dalam hal
interaksi pemain dengan permainan adalah pada penggunaan interaksi yang
bersifat alami yaitu yang biasa digunakan menusia untuk berinteraksi dengan
sesama manusia.
Arsitektur Game Engine
Game engine adalah sebuah
sistem perangkat lunak (software) yang dirancang untuk pembuatan dan
pengembangan suatu video game. Game engine memberikan kemudahan dalam
menciptakan konsep sebuah game yang akan di buat. Mulai dari sistem rendering,
physics, arsitektur suara scripting, A.I, dan bahkan sistem networking. Game
engine dapat dikatakan sebagai jiwa dari seluruh aspek sebuah game. Tujuan
digunakannya game engine adalah untuk mempermudah pembuatan bagian‐ bagian
tertentu dalam game, membagi‐bagi pengembangan game menjadi modul‐modul tertentu,
dan memudahkan kolaborasi antar pihak.
Sumber:
Dimas Setya Aji Pengantar Teknologi Game. Pengantar Teknologi Game ~ Kamu Info http://www.kamu-info.web.id/2016/03/pengantar-teknologi-game.html#ixzz4bgQU0RRI. Di akses 18 Maret 2017.
Dini Fahmila, 3D Engine dan Scene Graph. http://dinyfr.blogspot.co.id/2013/10/3d-engine-dan-scene-graph_20.html. Di akses 20 Maret 2017.
Septian Budi Untoro, Konsep Pembuatan Script Game Komputer. https://septianbudiuntoro.wordpress.com/2016/03/12/konsep-pembuatan-script-game-komputer/.
Di akses 20 Maret 2017.
Arif Shofwan. Artificial Intelligence Pada Sebuah Game. http://arifshofwan.blogspot.co.id/2016/03/artificial-intelligence-pada-sebuah-game.html.
di akses 20 Maret 2017.
Winda Febri, Arsitektur Game
Engine. http://windafebrii.blogspot.co.id/2016/04/arsitektur-game-engine_24.html.
Di akses 20 Maret 2017.
Komentar
Posting Komentar