Hal Penting dalam Proses Pengembangan Game

Kalian yang mempunyai cita-cita atau keinginan menjadi seorang developer video game, banyak komunitas yang sharing dan berbagi pengalaman mengenai developer video game, terutama developer video game indie.

Seperti salah satu contohnya adalah PixelProspector. PixelProspector jadi wadah bagi para komunitas developer video game indie untuk mencari inspirasi dan menambah wawasan seputar hal-hal yang ada dalam proses pengembangan sebuah video game. Meski udah menginjak umur 5 tahun pada bulan Juli yang lalu, ngga usah takut kalo PixelProspector punya konten yang kompleks, ribet, dan ngga cocok buat developer pemula. Justru PixelProspector punya konten yang makin lengkap dan inovatif buat mendorong para developer muda dengan menambah informasi seputar tips & trik dalam proses pengembangan video game.

Menurut PixelProspector ada 7 poin penting dalam proses pengembangan game.
     1.    Memulai Pertama Kali
a.    Game Making Tool/Engine
Seorang developer pasti butuh aplikasi pembuat game yang sesuai kebutuhannya supaya asset-aset video game bisa dipadu-padankan dengan sempurna. Banyak pilihan engine game yang bisa dipilih untuk merancang video game baik video game 2D maupun 3D. Daftar lengkapnya bisa kalian cek di "The Big List of Game Making Tools" dari PixelProspector. Jangan takut perlu keahlian khusus terutama kemampuan coding buat mengoperasikan software engine game ini. Ada beberapa software yang punya daftar template script yang bisa dibongkar-pasang dengan formula kode logika yang lain untuk memprogram tindakan sebuah aset/obyek dalam game dengan mudah. Jadi developer pemula pun bisa nangkep dan belajar dengan cepet pemahaman dasar coding.
b.    Aset Grafis
Sebuah game tidak lengkap tanpa asset-aset objek grafis didalamnya. Banyak daftar aplikasi grafis gratis maupun berbayar yang bisa dipake baik. Tutorial cara pakenya pun juga banyak tersebar di internet.
c.    Aset Musik dan Suara
Aset efek suara dan latar music juga penting dalam pembuatan video game. Banyak daftar aplikasi audio gratis maupun berbayar yang bisa diutak-atik. Ada juga situs yang menyediakan asset suara buat di download secara gratis seperti videogamecaster.com atau mp3bonez.com.

     2.    Inspirasi
Inspirasi datangnya bisa dari mana saja, bisa dari buku, film, browsing, atau diskusi dengan orang lain. Banyak developer game indie yang suka bagi informasi di blognya seputar perjalanan mereka dalam mengembangkan game.

     3.    Belajar Dari Pengalaman Developer Lain
Video game jadi semacam tahap introspeksi dari hasil video game untuk mencari tahu aspek aoa yang sudah benar dan aspek apa yang ternyata kurang cocok untuk diaplikasikan kedalam video game rancangan mereka.

     4.    Game Design
Konsep game yang udah dibikin tentunya harus melewati beberapa fase sebelum disentuh oleh konsumen. Coba cek ulang konsep yang lo bikin dengan beberapa referensi literatur tentang cara merancang video game. Bisa dari buku, artikel situs portal game, forum video game, dan lain-lain. Salah satu daftarnya bisa kalian cek di “The Big List Of Game Design” dari PixelProspector. Suruh juga temen-temen kalian jadi beta tester buat nyobain video game kalian. Apakah udah oke atau justru perlu banyak perbaikan.

     5.    Bahasa Pemrograman
Video game tidak bisa berjalan tanpa codingan yang sembarangan. Kalau sudah memahami dasar codingan sederhana dari tahap sebelumnya, kalian bisa mulai belajar ke tahap yang lebih tinggi buat mempelajari Bahasa pemrogrman yang lebih kompleks.

     6.    Kolaborasi
Membuat video game sendiri sampai selesai memang bukan hal yang mustahil, tetapi beban kerjanya lebih berat dan memakan waktu lama. Ada developer video game yang berhasil ngelarin gamenya setelah bertahun-tahun dan hasilnya maksimal. Kualitasnya pun bisa sesuai dengan yang dia harap karena dia sendiri yang ngerjain semuanya. Tapi ngga semua orang bisa begitu. Itulah fungsi partner dalam merancang video game. Kadang dua kepala lebih baik daripada satu. Kita bisa saling tukar ide kalo kena sindrom creative-block.

     7.    Nggak Kalah Penting
Tetep memantau dan menjaga timeframe kerja dalam ngembangin video game itu penting. Kata kuncinya adalah disiplin. Perkembangan proses pengembangan video game harus bisa terpantau dan jelas targetnya. Kalo ngga, proyek kalian cuma bakal jadi proyek angan-angan, atau bahkan bisa berhenti di tengah jalan. Menjaga motivasi dan mood juga penting, banyak membaca buku, browsing tentang video game yang akan menjadi referensi genre game yang akan dikembangkan.
Jangan pernah bosan belajar dan gampang menyerah, karena dengan usaha yang keras akan menghasilkan hasil yang baik dan juga mengerjakannya dengan maksimal dan bersungguh-sungguh.

Sumber:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Video Softskill : Quantum Computation

Unsur-Unsur Game Theory

Fitur-Fitur Unity