Industri Game Nintendo



Nintendo (bahasa Jepang: 任天堂, ニンテンド Nintendō; NASDAQ: NTDOY, TYO: 7974) adalah sebuah perusahaan multinasional yang didirikan tanggal 23 September 1889 di Kyoto, Jepang oleh Fusajiro Yamauchi untuk memproduksi kartu-kartu buatan tangan Hanafuda, yang digunakan untuk permainan kartu Jepang dengan nama yang sama. Pada pertengahan abad ke-20, Nintendo mencoba beberapa bisnis khusus yang kecil, seperti sebuah penginapan asrama dan sebuah perusahaan taksi. Setelah beberapa tahun, Nintendo menjadi sebuah perusahaan permainan video, dan tumbuh menjadi salah satu di antara yang terbesar dalam industri ini. Di samping permainan video, Nintendo adalah pemilik mayoritas Seattle Mariners, sebuah tim Major League Baseball di Seattle, Washington. Pada tahun 2001, Nintendo juga membeli bagian yang cukup besar untuk Gyration Inc., sebuah perusahaan yang mengkhususkan diri pada gyro dan sensor gerak. Saat ini, saingan utama Nintendo dalam bidang permainan adalah Sony and Microsoft.

NES

Pada tahun 1984, Nintendo meluncurkan console bernama Nintendo Entertainment System atau NES yaitu game konsol 8 bit yang diluncurkan di Amerika utara. namun pada tahun 1983 Nintendo lebih dulu meluncurkan game bernama Nintendo Family Computer atau Famicom di daerah Asia timur.



Setelah meluncurakan NES nintendo meluncurkan konsole  bernama Super Nintendo Entertainment atau lebih dikenal SNES.
SNES


Nintendo 64

Pada tahun 1996, nintendo kembali meluncurkan konsole game bernama Nintendo 64, pada masanya Nintendo 64 bersaing dengan sony playstation 1, bisa dikatakan Playstation 1 lebih populer dibandingkan Nintendo 64, namun secara kualitas Nintendo 64 bisa di acungi jempol karena kaya akan warna.


Sebenarnya sebelum Nintendo 64 diluncurkan, Game Boy the original sudah lebih dulu diluncurkan pada tahun 1989 dengan harga 89$ dolar, game boy ini mampu terjual banyak. tujuh tahun, kemudian Nintendo meluncurkan kembali handle game bernama Game Boy Pocket, perbedaannya yaitu dari ukuran, game boy pocket memiliki ukuran yang lebih kecil dinganding Game Boy the original.
Game Boy & Game Boy Pocket


Game Boy Light



Pada tahun 1998, Nintendo meluncurkan handle games bernama GAMEBOY LIGHT, dengan spefikasi tambahan yaitu cahaya dilayarnya, game ini bisa dimainkan ditempat yang redup, dan kualitas baterainnyapun luar biasa, mampu memainkan game hingga 20 jam tanpa henti.




Ditahun yang sama Nintendo meluncurkan kembali handle game bernama GAMEBOY COLOR, kelebihannya yaitu lebih kaya warna dibandingkan game boy sebelumnya. tiga tahun setelah itu nintendo pun meluncurkan game bernama GAMEBOY ADVANCED, game ini memiliki prosessor 32 bit, berbeda dengan gamboy versi sebelumnya. kelebihan GAMEBOY ADVANCED yaitu memiliki ribuan game dan memiliki banyak penggemar hingga sekarang.
Game Boy Color & Game Boy Advanced
Pada tahun 2003, Nintendo kembali meluncurkan handle gamenya bernama GAMEBOY ADVANCED SP, kelebihan handle game ini yaitu baterainya bisa dicharge, tanpa harus bergonta ganti baterai. ditahun 2005 Nintendo meluncurkan game lagi bernama GAMEBOY MICRO, gameboy ini mempunyai ukuran  terkecil dari gameboy sebelumnya, dan memiliki dsain yang elegan.
Game Boy Advanced SP & Game Boy Micro
Nintendo 3DS


Setelah sekian banyak meluncurkan beberapa handle game, Nintendo pun kembali meluncurkan console game bernama Nintendo 3DS, dengan spefikasi yang tinggi game ini mampu terjual 400.000 unit.




Nintendo yang terbaru meluncurkan game console bernama Nintendo Wii U.
Nintendo Wii U

Sumber:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Video Softskill : Quantum Computation

Unsur-Unsur Game Theory

Fitur-Fitur Unity