Aplikasi Digital Cinema: Autodesk 3DS Max




3ds Max adalah salah satu paket perangkat lunak yang paling luas digunakan sekarang ini, karena beberapa alasan seperti penggunaan platform Microsoft Windows, kemampuan mengedit yang serba bisa, dan arsitektur plugin yang banyak.
3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk, Discreet Logic. Versi terbaru 3Ds Max pada Juli 2005 adalah 7. 3Ds Max Autodesk 8 diperkirakan akan tersedia pada akhir tahun. Hal ini telah diumumkan oleh Discreet di Siggraph 2005.

Fitur-fitur Autodesk 3ds Max:
1.    Tools rendering dan 3D model yang lengkap
2.    Optimasi proses rendering
3.    Terintegrasi dengan adobe after effect
4.    Support sistem hanya 64 bit
5.    Menciptakan karakter asli dibayangkan
6.    Perangkat animasi umum dam deformers energy
7.    Perangkat penempatan, ShaderFX dan point cloud bantuan
8.    Mesh dan pemodelan permukaan
9.    Tugas tekstur dan mengubah
10. Substansi 3D Dazzling
11. Skrip python

Contoh gambar dari Autodesk 3DS Max:




Kelebihan:
·       Banyak sekali fitur professional untuk pemodelan, animasi, simulasi, dll yang sangat berperan penting dalam dunia entertainment dan per-film-an
·       Pembuatan animasi objek yang sangat mudah
·     Sangat mendukung pemodelan tingkat professional (editable poly, editable mesh, editable spline, editable patch dengan vertex, face, element, dll)
·       Terdapat simulasi alam seperti simulasi angin, air, api, gravitasi, kain, dll yang bisa Anda explorasi di bagian reactor
·    Mudahnya merender dengan hasil cukup memuaskan (tanpa plugin tambahan seperti vray) seperti dengan menggunakan mode matahari skylight dan light tracer pada bagian render tab advanced lighting.
·       Mendukung script 3dsmax (MAX SCRIPT) yang berekstensi ms, mscr, txt, dat, dll
·       Masih banyak fitur yang dapat ditemukan yang tidak dapat disebutkan satu persatu oleh saya apabila dibandingkan dengan google sketchup

Kekurangan:
Karena banyak sekali fitur professional di 3ds max  ini, maka membutuhkan waktu yang lama untuk mempelajari hingga menjadi professional untuk memanfaatkan semua sumber daya 3ds max secara maksimal.


Sumber:


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Video Softskill : Quantum Computation

Unsur-Unsur Game Theory

Fitur-Fitur Unity