Game Theory
Game
Theory atau Teori Permainan adalah suatu pendekatan matematis untuk merumuskan
situasi persaingan dan konflik antara berbagai persaingan Teori ini digunakan untuk menganalisa proses
pengambilan keputusan dari situasi persaingan yang berbeda dan melibatkan dua
atau lebih pesaing. Intinya, dari teori ini kita berbicara tentang bagaimana
stategi dan taktik untuk memenangkan “game” persaingan ekonomi. Seperti game
pada umumnya, setiap pesaing disini disebut pemain atau player. Teori permainan
ini awalnya dikembangkan oleh seorang ahli matematika perancis yang bernama
Emile Borel pada tahun 1921. Yang selanjutnya dikembangkan lebih lanjut oleh
John Van Neemann dan Oskar Morgenstern sebagai alat untuk merumuskan perilaku
ekonomi yang bersaing. John Van Neemann dan Oskar Morgenstern mengungkapkan
bahwa, “Permainan terdiri atas sekumpulan peraturan yang membangun situasi
bersaing dari dua sampai beberapa orang atau kelompok dengan memilih strategi
yang dibangun untuk memaksimalkan kemenangan sendiri atau pun untuk
meminimalkan kemenangan lawan. Peraturan-peraturan menentukan kemungkinan
tindakan untuk setiap pemain, sejumlah keterangan diterima setiap pemain
sebagai kemajuan bermain, dan sejumlah kemenangan atau kekalahan dalam berbagai
situasi.”.
Ketentuan-ketentuan
dasar teori permainan :
1. Angka-angka
matriks pay out (matriks permainan) menunjukan hasil dari strategi permaianan
yang berbeda. Dalam permainan, dua pemain jumlah nol ini, bilangan positif
menunjukan keuntungan bagi pemain baris dan untuk pemain kolom adalah kerugian.
2. Suatu
strategi tidak dapat dirusak oleh lawan atau faktor lain
3. Suatu
strategi dikatakan dominan bila setiap pay off dalam strategi adalah superior
terhadap setiap pay off yang berhubungan dalam suatu strategi. Maksudnya, jika
dalam gambar diatas di perusahaan A strategi harga S1 didominasi oleh strategi
S2.
4. Suatu
strategi yang optimal adalah rangkaian kegiatan atau rencana yang menyeluruh
yang menyebabkan seorang pemain dalam posisi yang paling menguntungkan tanpa
memperhatikan kegiatan-kegiatan pesaingnya
5. Tujuan
model permainan adalah mengidentifikasi strategi atau rencana optimal untuk
setiap pemain
Sumber:
Komentar
Posting Komentar